Tugas
hasil wawancara
TAMAN KANAK-KANAK
TUNAS BHAKTI
Pembimbing : Prof.Dr. Wawan
S.Suherman. M.Ed
Di Susun Oleh :
Universitas Negeri Yogyakarta
Yogyakarta
2016
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR.......................................................................................... i
DAFTAR
ISI...................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN .................................................................................. 1
A.
Latar
Belakang ......................................................................................... 1
B.
Tujuan
Observasi....................................................................................... 2
C.
Metode
Observasi..................................................................................... 2
BAB II HASIL OBSERVASI............................................................................. 3
A.
LETAK
TK,TUNAS BHAKTI................................................................ 3
B.
HASIL
WAWANCARA......................................................................... 3
1. Pra wawancara dan sumber wawancara............................................... 3
2. Hasil wawancara kegiatan belajar
jasmani............................................ 3
BAB
III KESIMPULAN................................................................................... 6
A. KESIMPULAN........................................................................................ 6
Lampiran
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji serta syukur ke hadirat Allah yang maha kuasa, atas segala
limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada saya sehingga dapat menyelesaikan tugas
dengan makalah hasil observasi mata kuliah pendidikan anak usia dini olahraga
Saya menyadari bahwa di dalam proses penulisan makalah ini
masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun
demikian, saya telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan
yang saya miliki sehingga dapat selesai dengan baik, saya berharap kepada
pembaca yang budiman untuk memberikan masukan, saran dan kiritik yang sifatnya
membangun guna penyempurnaan makalah ini.
Akhirnya kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat
bagi seluruh pembaca.
Yogyakarta, 30
Mei 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan anak usia dini adalah
suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir
sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar
anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Penididikan
taman kanak-kanak merupakan tujuan pendidikan di indonesia yang tersistim di
lembaga kementerian pendidikan dan kebudayaan. Sebagai bentuk menyusun program
negara agar anak bangsa bisa menghasilkan dan produktif untuk meneruskan
perjuangan dari founding father di indonesia. Sehingga pemerintah dan
pemerintahan yang baik di isi oleh orang yang berkualitas dan bermutu demi
patriotik kebangsaan negara.
Tujuan pendidikan adalah khas atau khusus, yaitu
meningkatkan pengetahuan seseorang mengenai suatu hal sehingga ia menguasainya.
Tujuan pendidikan akan tercapai jika prosesnya komunikatif dan
kepemimpinannya demokrasi.
Taman kanak-kanak adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia
dini pada jalur formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak empat
sampai enam tahun.
Pada umumnya pendidikan berlangsung secara berencana di
dalam kelas secara tatap muka (face to face). Karena kelompoknya relatif kecil.
Meskipun komunikasi antara pelajar dan pengajar dalam ruang kelas itu termasuk
komunikasi kelompok, sang pelajar sewaktu-waktu bisa mengubahnya menjadi
komunikasi antarpersona. Pendekatan prilaku merupakan suatu pendekatan yang
berdasarkan pemikiran bahwa keberhasilan atau kegagalan seorang pemimpin
ditentukan oleh sikap dan gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh pemimpin guru.
Perilaku yang mendukung adalah sejauh mana seorang pemimpin
dapat melibatkan diri dalam komunikasi dua arah, misalnya mendengar,
menyediakan dukungan dan dorongan, memudahkan interaksi, dan melibatkan para
pengikut dalam pengambilan suatu keputusan. Untuk melihat perkembangan anak
didik dan guru dalam memberikan metode belajar taman kanak-kanak dalam
perkembangan pembelajaran olahraga atau sering di sebut aktivitas jasmani
anak-anak
Makalah
ini akan membahas tentang perkembangan karakter di lapangan dari wawancara yang
di temukan di sekolah taman kanak-kanak tunas bhakti. Kepemilikan tunas bhakti
yaitu bersifat lembaga yayasan dan kepalai oleh pengawai negeri sipil yaitu
yang bernama Dra. Sri Mulayani disinilah pewancara akan menjabarkan hasil
wawancara dalam kegiatan aktivitas jasmani.
B. TUJUAN
OBSERVASI
Pengamatan
yang penulis lakukan ini memiliki beberapa tujuan antara lain:
1. Untuk mengetahui
karakter anak ditaman kanak-kanak ( TK ) Tunas Bhakti
2. mengamati
suatu kelas dan perorangan ditaman kanak-kanak ( TK ) Tunas Bhakti
3. wawancara
dari salah seorang guru TK untuk pengamatan karakteristik anak didik ditaman
kanak-kanak ( TK ) Tunas Bhakti
C. METODE
OBSERVASI
Untuk
memperoleh data dan informasi dalam observasi penulis menggunakan metode-metode
sebagai berikut :
1.
Metode wawancara yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan
kepada responden yang menjadi narasumber.
3.
Metode pengamatan yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat,
mengamati serta menganalisis apa yang menjadi objek. Dalam hal ini penulis
melakukannya dengan cara mengikuti kegiatan pembelajaran yang ada ditaman kanak-kanak ( TK ) Tunas
Bhakti
BAB II
HASIL
OBSERVASI
A. Letak TK, TUNAS BHAKTI
Letak TK, Kayen Condong catur depok,
Sleman Yogyakarta. Tlp : ( 0274 ) 889762.
B. HASIL WAWANCARA
1.
Pra Wawancara dan Sumber wawancara
Berdasarkan hasil wawancara, untuk
siswa TK Tunas
Bhakti dengan salah seorang guru taman kanak-kanak kebetulan sekaligus kepala
sekolah yaitu dengan ibu Dra. Sri Mulyani. Beliau seorang PNS dan sudah lama
mengabdi di Tk tersebut, dengan pengabdian menghasilkan didikan yang unggul,
bisa dilihat dari sisi Visi dan Misi Sekolah TK Tunas Bhakti.
Visi
Mandiri dan kreatif untuk mencapai kompetensi anak dengan
iman dan taqwa
Misi
a.
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan individual secara
efektif
b.
Menambah semangat untuk berkreasi secara aktif kepada warga
sekolah
c.
Mendorong dan membantu setiap mengamalkan pendidikan agama
untuk mencapai ketaqwaan anak.
2.
Hasil Wawancara Kegiatan proses belajar jasmani
Bagaimana kegiatan belajar Aktivitas jasmani di TK Tunas
Bhakti ?
Untuk Tk tunas bhakti dibagi dua kelompok, kelompok A dan
Kelompok B, berbagai program aktivitas jasmani dengan pendekatan motorik kasar
dan motorik halus Misalkan :
1. Guru memberikan
arahan kepada Anak
– Anak diberikan jalan lurus mengikuti garis, dengan bimbingan
guru baik itu di kelompok A dan juga di kelompok B.
2. Guru memberikan
materi angkat tumit, angkat paha dengan serentak agar anak –anak terlatih untuk
bergerak aktivitas jasmani dengan memberikan panduan dengan pengarahan guru.
3. Guru memberikan
pengarahan berbentuk kelompok menangkap bola, berbagi bola dengan teman-teman
sekelompoknya. Dengan memakai bola standar untuk anak – anak dengan keamanan
selalu di pantau oleh pembimbing.
4. Meloncat dengan
dua kaki, dengan satu kaki dengan sambil bergerak dengan posisi tegak. Melatih
gerakan anak dengan kolaborasi konsentrasi fikir anak.
5. Naik tangga
mudi, kemudian naik pasak pramuka yang ada talinya karna itu ialah bahagian
dari kegiatan olahraga anak-anak. Dengan ketinggian sesuai standar anak dengan
pantauan guru selalu berada dalam pembibing.
6. Berlari dengan
menginjakkan bendan tergantung benda apapun bentuknya melatih konsentrasi dan
melatih ketepatan dengan reaksi dalam berlari menginjakkan sesuatu benda.
7. Melompat
didalam bak dengan berjalan dari garis star kemudian kembali kesemula. Gaya
pengulangan dengan melatih anak di out door di kegiatan bermain.
8. Menaiki sepeda
agar anak dapat melatih modivikasi gerak dengan keseimbangan gerakan dan
melatih konsentrasi anak.
9. Permainan ala
jawa, seperti meloncat karet itu sering di lakukan di taman kanak-kanak tunas
bhakti dengan melompat-lompat dengan membudayakan tradisi olahraga setempat
dengan suku jawa.
10. Melompat dari
ketinggian 30 cm bisa di lakukan individu dan juga bisa dilakukan dengan
kelompok. Bermain bersama anak-anak di lakukan di indor juga outdoor.
11. Program TK
tunas bhakti dengan program sekolah berkerjasama dengan guru-guru untuk membuat
rencana pembelajaran agar menjadikan penyetaraan dan kegiatan sharing dengan
keseragaman program yang telah di putuskan oleh pihak guru.
12. Kurikulum
menggunakan kurikulum 2013 atau sering disebut dengan K13.
13. Berbasis
standar nasional dengan kualitas guru yang profesional dan bermuatan profesi
konsentrasi paud dan pgsd.
14. Tk tunas bhakti
memberikan perlakuan kepada anak didik dengan berkreasi dengan sendirinya.
15. Tk tunas bhakti
memberikan program belajar out door seperti memanfaatkan lahan sawah untuk
melihat keindahan alam sekitar dan menyayangi tumbuh tumbuhan dengan mengenali
tumbuh-tumbuhan yang belum di kenal.
16. Tk tunas bhakti
dalam proses pembelajaran di ajarkan oleh guru dengan kondisional bisa dengan 3
guru mengabungkan program membantu kecerdasan anak dalam beraktivitas. Untuk
melatih apektif, kongnitif dan psikomotorik.
17. Tk tunas bhakti
dalam proses pembelajarn di laksanakan di indor juga dilakukan di out door
sesuai dengan program yang tersusun oleh pihak guru yang mengajar pada saat
proses belajar dimulai
SURAT KETERANGAN
Bahwa benar atas :
Nama :
Nim :
Jurusan :
Ilmu Keolahragaan S2 / Pasca
Telah melakukan observasi dengan
metode wawancara, agar mendapatkan informasi kegiatan belajar aktivitas jasmani
di Taman Kanak-Kanak Tunas Bhakti NSS : 0020 4021 4028, dengan tujuan
menyelesaikan tugas pada hari Sabtu, tanggal 30 April 2016.
Kepala Sekolah
Dra. Sri Mulyani
BAB III
KESIMPULAN
Dari wawancara di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa Taman
kanak-kanak di Tunas Bhakti memiliki program aktivitas jasmani anak dengan
dasar pengembangan Kognitif dan psikomotorik dibimbing oleh guru yang
profesional dengan memakai kurikulum
2013. Dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk media pembelajaran anak di
TK tersebut.
Dilihat dari program TK tunas bhakti pada sisi didikan
kepada anak yang sekolah di sana sangatlah teratur dalam segi program
pembelajaran, tata kelola sekolah, managemen pembelajaran dan juga kualitas
guru yang sudah sangat berpengelaman, dan profesional untuk menjadikan anak
bangsa yang unggul, berguna bagi bangsa dan negara.
Lingkungan juga mendukung dengan kehijauan sawah yang masih
tampak alami panorama alam yang indah dan membuat anak didik menjadi nyaman
dengan lingkungan sehat dan jiwa yang sehat selama berada disekolah tersebut.
Pewancara menemukan bahwa guru juga memberikan respon positif dan keterbukan
untuk memberikan share ilmu pengetahuan untuk memberikan informasi mengenai
kegiatan dan aktivitas sekolah tersebut.
No comments:
Post a Comment
Terima Kasih, Komentar dan saran...
Sukses Selalu