TUGAS
ANAK USIA DINI OLAHRAGA
1. Menurut
teori perkembangan, ranah AUD apa saja yang perlu dikembangkan ? ..........
Jawaban : perkembangan anak sangat diperlukan dengan
melihat ranah atau aspek penting dalam tumbuh kembang anak. Motorik kasar,
motorik halus, kesehatan, kecerdasan, bergaul, kemandirian, komunikatif pasif,
, imaginasi, ekplorasi, bahasa, musik, dan proyeksi kreatifitas anak dalam
merekontruksi pemikiran dengan lingkungan yang indah ( Estetika environmental
).
2. Wahana
apa yang paling sesuai untuk mengembangkan seluruh ranah AUD ?...........
Jawaban
: dalam kontek wahana atau yang disebut dikendarai dalam
mengembangkan ranah anak usia dini dengan beberapa kebutuhan yang sesuai dengan
golongan anak-anak, seperti meseum, pantai, kebun binatang, panorama alam, dan
sangat menyentuh berexplorasi ialah dengan bermain aktifitas fisik atau disebut dengan lingkungan olahraga.
Karna anak-anak cenderung menghayati objek luar, dengan penghayatan mengenali
dunia luar yang sifatnya subjektif, olahraga pendidikan jasmani merupakan salah
satu pendidikan yang mengajarkan dan melatih otak dan peka terhadap lingkungan,
mengoptimalkan fungsi otak dan menstimulus kerja inpul syaraf anak diusia
keemasaannya.
3. Aktivitas
jasmani apa yang dapat digunakan untuk mengembangkan ranah-ranah pengembangan
AUD ?..................
Jawaban
: aktifitas jasmani sesuai dengan tahapan usia antara
lain,
·
Pada usia 2 tahun : anak perlu berintegrasi
dengan banyak benda variatif memperkenalkan tekstur objek yang dapat
diinderawi, bisa diraba, dikecap melalui rasa, aktivitas gerak dengan
memperkuat motorik anak, dan mempertajam auditori/ pendengaran anak.
·
Pada usia 3-4 tahun : pada usia ini dapat
diarahkan dengan memperkuat penindrawiannya dan mengembangkan konitif dari
unsur knowlage pengembangan melalui bermain, seperti contoh bermain dengan
berbaris berkelompok mengikuti gerak jalan paskibra keteraturan berbaris dll.
·
Pada usia 5-6 tahun : melatih imaginasi
dengan perangkat media menggunakan fasilitas seperti mengenali huruf, mengenali
angka, dan mengkreasikan dirinya dengan berjarimatika.
4. Apakah
pengaruh perkembangan fisik motorik terhadap ranah yang lainnya
?..................
Jawaban : pengaruh
perkembangan fisik motorik terhadap ranah yang lainnya sangatlah signifikan,
terlihat dari 3 poros penting dalam tumbuh kembang anak menurut hurlock(1998)
ada pengerahuh perkembangan motorik yaitu:
·
Melalui keterampilan motorik, anak dapat
menhibur dirinya dan memperoleh perasaan senang. Seperti oran memiliki
keterampilan memainkan boneka, melempar dan menangkap bola atau memainkan
permainan.
·
Anak dapat beranjak dari kondisi tidak
berdaya pada bulan-bulan pertama dalam kehidupannya, ke kondisi yang independent
, anak dapatt bergerak dari tempat satu ketempat lainnya dan dapat berbuat
sendiri untuk dirinya. Kondisi ini dapat menunjang rasa percaya diri anak.
·
Anak dapat menyesuaikan dirinya dengan
lingkungan sekolah. Pada usia prasekolah ataua usia kelas-kelas awal sekolah
dasar, anak sudah dapat dilatih menulis, menggambar, melukis, dan baris
berbaris.
·
Perkembangan motorik yng normal memungkinkan
anakdapat bermain atau bergaul dengan teman sebayanya, sedangkan yang tidak
normal akan menghambat anak untuk bergaul bahan anak dikucilkan atau menjadi
anak yang terpinggirkan.
Kita dapat melihat 3 poros
penting afektif/ emosional, kognisi/pengetahuan, dan fisikli, didalam
pendidikan jasmani bahwa 3 poros tersebut sudah terintegrasi dengan kreatifitas
bermain. Seperti acuan timur tengah, anak dilatih dengan Hafalan, berhitung,
dan berolahraga, memanah, berkuda, berenang.
Diasia seperti china acuan pendidikan
seperti, berhitung, beladiri ( Kungfu ), dan melatih bahasa, ini telah
dibuktikan pada salah satu anak yang pada usia 11 tahun telah menjadi mahasiswa
di Amerika serikat.
5.
Uraikan kegiatan pengembangan fisik
motorik, menggunakan permainan, tahapan pembelajaran pemanasan, inti dan
penutup ?.........
Jawaban
:
a) PEMANASAN ( WARMING UP )
b) MENCAMPUR
ketika anak-anak memasuki area aktivitas , mereka bepergian menggunakan pengetahuan mereka tentang keterampilan gerakan untuk membuat urutan sendiri kombinasi . menulis menu gerakan pada poster keterampilan gerakan yang dipilih . keterampilan ini dapat digunakan dalam urutan. ( Menu opsional ) . musik banyak menambahkan untuk kegiatan ini . " Sorotan " beberapa urutan yang sagat baik diakhir kegiatan.
c) Serangan kepiting
Peralatan: Gatorskin bola sebanyak mungkin
Maksud atau Tujuan:
1. Untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas melalui
kepiting berjalan.
2. Untuk berlatih menghindari dan melemparkan keterampilan.
Description: Tempatkan satu kelompok warna (l / 4 kelas) pada masing-masing
dari empat baris dari persegi panjang atau persegi, dan duduk di batas.
3. Pilih salah satu kelompok datang ke tengah bermain tempat
dan duduk di kepiting posisi berjalan. Permainan dimulai ketika ruang yang
diberikan kepada "kepiting" di tengah lingkaran. Kelompok tiga
lainnya mulai berjalan / menghindari sekitar daerah olahraga, sedangkan
kepiting mencoba untuk memukul pelari dengan bola. Kepiting mungkin melempar,
melompat atau berguling bola di pelari. Sebuah bola mencolok pelari dengan cara
apapun, termasuk mendekat dari dinding, dianggap sebagai "hit", dan
bahwa pemain harus segera berubah menjadi "kepiting" anggota tim.
4. Permainan berakhir ketika semua pelari telah berubah
menjadi kepiting ". Sebuah permainan baru dimulai segera setelah semua
bola telah dikumpulkan dan semua pemain telah kembali ke jalur mereka. Ingatkan
kepiting bahwa mereka harus tetap dalam posisi kepiting, dan tidak diizinkan
untuk merangkak atau bermain di lutut mereka. Variasi reacli saya mungkin
memanggil kepiting dengan warna, awal pertama, dll Dalam rangka untuk
melibatkan berbagai "kepiting" anggota tim.
d) Mendadai persegi
Peralatan: Mungkin termasuk balon, skuter, kacang tas, bola
basket, dll Peralatan tergantung pada kegiatan yang Anda pilih.
Membagi daerah menjadi empat wilayah yang sama. Bagilah
kelas menjadi 4 kelompok dan tugaskan masing-masing daerah itu. Setiap daerah
akan memiliki tanda permainan sendiri dengan tagger . tagger juga harus
melakukan kegiatan di / daerah nya ditugaskan. Berikut adalah beberapa saran
untuk permainan tag
Area 1: Balon Tag. Semua siswa di daerah ini harus bergerak
dan tekan balon il tho, waktu yang sama. Akan ont batas atau berjalan willi
mimpimu Ir illoon adalah sama dengan yang ditandai
Area 2: Beau Bag lag. Semua siswa harus bergerak dan
menyeimbangkan bean bag di kepala mereka. Jika bean bag jatuh, mereka harus
memberi energi dengan 3 jumping jacks sebelum bermain lagi. Seorang siswa dapat
ditandai sementara energi. Akan keluar dari batas atau memegang bean bag Anda
di kepala Anda saat bergerak adalah sama seperti yang ditandai. Ketika siswa
ditandai, mereka memasang bean bag mereka dan pergi ke daerah berikutnya.
Area 3: Basketball Dribble Tag. Semua siswa menggiring bola
sambil bergerak. Jika seorang siswa keluar dari batas atau bergerak tanpa
dribbling, itu adalah sama seperti yang ditandai. Ketika seorang mahasiswa
ditandai, mereka memasang basket mereka dan pergi ke daerah berikutnya.
Lokasi 4: Tag Scooter. Mahasiswa bergerak di sekitar
wilayah sambil duduk di skuter. Jika mereka pergi keluar dari batas atau tag,
mereka memasang skuter. Jika mereka pergi keluar dari batas atau tag, mereka
memasang skuter dan pergi ke Area 1 Setelah beberapa menit, menghentikan musik
dan memilih taggers baru untuk setiap pertandingan. Para siswa tidak memutar
ketika taggers baru dipetik. Ini adalah kegiatan yang menyenangkan dengan nilai
yang lebih tua juga. Jika ruang memungkinkan Anda, memiliki permainan tag lebih
akan sekaligus dengan yang lebih tua
e) STASIUN KEBUGARAN
siswa membagi sama antara stasiun di sekitar area bermain . masing-masing stasiun harus memiliki contoh gambar latihan dan nama latihan pada tanda
setiap tanda harus mengatakan , “mengeja” atau “menghitung”
. nomor juga harus pada tanda . mengatakan:
“ketika Anda sampai ke stasiun Anda , Anda akan melihat
angka , sebuah latihan dan ejaan kata
atau menghitungnya . Anda akan mengeja nama latihan di setiap stasiun sebanyak
yang Anda bisa dalam 30 detik . " Kemudian berkata : " siap, " !
waktu setiap stasiun selama 30 detik . istirahat selama 5
detik untuk mengubah stasiun.
f) PENUTUP : COLLING DOWN ( GAME
MENDEMONTRASIKAN )
No comments:
Post a Comment
Terima Kasih, Komentar dan saran...
Sukses Selalu