Labels

Monday, 6 June 2016

jawaban Akhir Semester - Olahraga Pendidikan Anak Usia Dini



TUGAS ANAK USIA DINI OLAHRAGA
1.    Menurut teori perkembangan, ranah AUD apa saja yang perlu dikembangkan ? ..........

Jawaban : perkembangan anak sangat diperlukan dengan melihat ranah atau aspek penting dalam tumbuh kembang anak. Motorik kasar, motorik halus, kesehatan, kecerdasan, bergaul, kemandirian, komunikatif pasif, , imaginasi, ekplorasi, bahasa, musik, dan proyeksi kreatifitas anak dalam merekontruksi pemikiran dengan lingkungan yang indah ( Estetika environmental ).

2.    Wahana apa yang paling sesuai untuk mengembangkan seluruh ranah AUD ?...........

Jawaban : dalam kontek wahana atau yang disebut dikendarai dalam mengembangkan ranah anak usia dini dengan beberapa kebutuhan yang sesuai dengan golongan anak-anak, seperti meseum, pantai, kebun binatang, panorama alam, dan sangat menyentuh berexplorasi ialah dengan bermain aktifitas fisik  atau disebut dengan lingkungan olahraga. Karna anak-anak cenderung menghayati objek luar, dengan penghayatan mengenali dunia luar yang sifatnya subjektif, olahraga pendidikan jasmani merupakan salah satu pendidikan yang mengajarkan dan melatih otak dan peka terhadap lingkungan, mengoptimalkan fungsi otak dan menstimulus kerja inpul syaraf anak diusia keemasaannya.

3.    Aktivitas jasmani apa yang dapat digunakan untuk mengembangkan ranah-ranah pengembangan AUD ?..................

Jawaban : aktifitas jasmani sesuai dengan tahapan usia antara lain,
·         Pada usia 2 tahun : anak perlu berintegrasi dengan banyak benda variatif memperkenalkan tekstur objek yang dapat diinderawi, bisa diraba, dikecap melalui rasa, aktivitas gerak dengan memperkuat motorik anak, dan mempertajam auditori/ pendengaran anak.
·         Pada usia 3-4 tahun : pada usia ini dapat diarahkan dengan memperkuat penindrawiannya dan mengembangkan konitif dari unsur knowlage pengembangan melalui bermain, seperti contoh bermain dengan berbaris berkelompok mengikuti gerak jalan paskibra keteraturan berbaris dll.
·         Pada usia 5-6 tahun : melatih imaginasi dengan perangkat media menggunakan fasilitas seperti mengenali huruf, mengenali angka, dan mengkreasikan dirinya dengan berjarimatika.


4.    Apakah pengaruh perkembangan fisik motorik terhadap ranah yang lainnya ?..................

Jawaban : pengaruh perkembangan fisik motorik terhadap ranah yang lainnya sangatlah signifikan, terlihat dari 3 poros penting dalam tumbuh kembang anak menurut hurlock(1998) ada pengerahuh perkembangan motorik yaitu:
·         Melalui keterampilan motorik, anak dapat menhibur dirinya dan memperoleh perasaan senang. Seperti oran memiliki keterampilan memainkan boneka, melempar dan menangkap bola atau memainkan permainan.
·         Anak dapat beranjak dari kondisi tidak berdaya pada bulan-bulan pertama dalam kehidupannya, ke kondisi yang independent , anak dapatt bergerak dari tempat satu ketempat lainnya dan dapat berbuat sendiri untuk dirinya. Kondisi ini dapat menunjang rasa percaya diri anak.
·         Anak dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekolah. Pada usia prasekolah ataua usia kelas-kelas awal sekolah dasar, anak sudah dapat dilatih menulis, menggambar, melukis, dan baris berbaris.
·         Perkembangan motorik yng normal memungkinkan anakdapat bermain atau bergaul dengan teman sebayanya, sedangkan yang tidak normal akan menghambat anak untuk bergaul bahan anak dikucilkan atau menjadi anak yang terpinggirkan.

Kita dapat melihat 3 poros penting afektif/ emosional, kognisi/pengetahuan, dan fisikli, didalam pendidikan jasmani bahwa 3 poros tersebut sudah terintegrasi dengan kreatifitas bermain. Seperti acuan timur tengah, anak dilatih dengan Hafalan, berhitung, dan berolahraga, memanah, berkuda, berenang.
Diasia seperti china acuan pendidikan seperti, berhitung, beladiri ( Kungfu ), dan melatih bahasa, ini telah dibuktikan pada salah satu anak yang pada usia 11 tahun telah menjadi mahasiswa di Amerika serikat.









5.    Uraikan kegiatan pengembangan fisik motorik, menggunakan permainan, tahapan pembelajaran pemanasan, inti dan penutup ?.........

Jawaban :
a)   PEMANASAN ( WARMING UP )
b)   MENCAMPUR 
ketika anak-anak memasuki area aktivitas , mereka bepergian menggunakan pengetahuan mereka tentang keterampilan gerakan untuk membuat urutan sendiri kombinasi . menulis menu gerakan pada poster keterampilan gerakan yang dipilih . keterampilan ini dapat digunakan dalam urutan. ( Menu opsional ) . musik banyak menambahkan untuk kegiatan ini . " Sorotan " beberapa urutan yang sagat baik diakhir kegiatan.
c)  Serangan kepiting
Peralatan: Gatorskin bola sebanyak mungkin
Maksud atau Tujuan:
1.     Untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas melalui kepiting berjalan.
2.     Untuk berlatih menghindari dan melemparkan keterampilan. Description: Tempatkan satu kelompok warna (l / 4 kelas) pada masing-masing dari empat baris dari persegi panjang atau persegi, dan duduk di batas.
3.     Pilih salah satu kelompok datang ke tengah bermain tempat dan duduk di kepiting posisi berjalan. Permainan dimulai ketika ruang yang diberikan kepada "kepiting" di tengah lingkaran. Kelompok tiga lainnya mulai berjalan / menghindari sekitar daerah olahraga, sedangkan kepiting mencoba untuk memukul pelari dengan bola. Kepiting mungkin melempar, melompat atau berguling bola di pelari. Sebuah bola mencolok pelari dengan cara apapun, termasuk mendekat dari dinding, dianggap sebagai "hit", dan bahwa pemain harus segera berubah menjadi "kepiting" anggota tim.
4.     Permainan berakhir ketika semua pelari telah berubah menjadi kepiting ". Sebuah permainan baru dimulai segera setelah semua bola telah dikumpulkan dan semua pemain telah kembali ke jalur mereka. Ingatkan kepiting bahwa mereka harus tetap dalam posisi kepiting, dan tidak diizinkan untuk merangkak atau bermain di lutut mereka. Variasi reacli saya mungkin memanggil kepiting dengan warna, awal pertama, dll Dalam rangka untuk melibatkan berbagai "kepiting" anggota tim.
d)    Mendadai persegi 
Peralatan: Mungkin termasuk balon, skuter, kacang tas, bola basket, dll Peralatan tergantung pada kegiatan yang Anda pilih.
Membagi daerah menjadi empat wilayah yang sama. Bagilah kelas menjadi 4 kelompok dan tugaskan masing-masing daerah itu. Setiap daerah akan memiliki tanda permainan sendiri dengan tagger . tagger juga harus melakukan kegiatan di / daerah nya ditugaskan. Berikut adalah beberapa saran untuk permainan tag
Area 1: Balon Tag. Semua siswa di daerah ini harus bergerak dan tekan balon il tho, waktu yang sama. Akan ont batas atau berjalan willi mimpimu Ir illoon adalah sama dengan yang ditandai
Area 2: Beau Bag lag. Semua siswa harus bergerak dan menyeimbangkan bean bag di kepala mereka. Jika bean bag jatuh, mereka harus memberi energi dengan 3 jumping jacks sebelum bermain lagi. Seorang siswa dapat ditandai sementara energi. Akan keluar dari batas atau memegang bean bag Anda di kepala Anda saat bergerak adalah sama seperti yang ditandai. Ketika siswa ditandai, mereka memasang bean bag mereka dan pergi ke daerah berikutnya.
Area 3: Basketball Dribble Tag. Semua siswa menggiring bola sambil bergerak. Jika seorang siswa keluar dari batas atau bergerak tanpa dribbling, itu adalah sama seperti yang ditandai. Ketika seorang mahasiswa ditandai, mereka memasang basket mereka dan pergi ke daerah berikutnya.
Lokasi 4: Tag Scooter. Mahasiswa bergerak di sekitar wilayah sambil duduk di skuter. Jika mereka pergi keluar dari batas atau tag, mereka memasang skuter. Jika mereka pergi keluar dari batas atau tag, mereka memasang skuter dan pergi ke Area 1 Setelah beberapa menit, menghentikan musik dan memilih taggers baru untuk setiap pertandingan. Para siswa tidak memutar ketika taggers baru dipetik. Ini adalah kegiatan yang menyenangkan dengan nilai yang lebih tua juga. Jika ruang memungkinkan Anda, memiliki permainan tag lebih akan sekaligus dengan yang lebih tua
e)   STASIUN KEBUGARAN
siswa membagi sama antara stasiun di sekitar area bermain . masing-masing stasiun harus memiliki contoh gambar latihan dan nama latihan pada tanda
setiap tanda harus mengatakan , “mengeja” atau “menghitung” . nomor juga harus pada tanda . mengatakan:
“ketika Anda sampai ke stasiun Anda , Anda akan melihat angka , sebuah  latihan dan ejaan kata atau menghitungnya . Anda akan mengeja nama latihan di setiap stasiun sebanyak yang Anda bisa dalam 30 detik . " Kemudian berkata : " siap, " !
waktu setiap stasiun selama 30 detik . istirahat selama 5 detik untuk mengubah stasiun.
f)   PENUTUP : COLLING DOWN ( GAME MENDEMONTRASIKAN )

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih, Komentar dan saran...

Sukses Selalu